A.
Pengertian
kreativitas
Secara umum kreaktivitas dapat diartikan sebagai kemampuan untuk
berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak biasa (unusual)
dan menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan.
(Semiawaan, 1999: 89).
Kreativitas merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk
menemukan dan menciptakan suatu hal baru, cara-cara baru, model baru, yang
berguna bagi dirinya dan masyarakat.
A.
Perkembangan
kreativitas
Ada empat tahap dalam perkembangan kreativitas, yaitu:
A.
Strategi
terbaik agar anak lebih kreatif:
1.
Buatlah
anak terlibat dalam brainstorming dan munculkan sebanyak mungkin ide
2.
Sediakan
lingkungan yang menstimulasi kreativitas anak
3.
Jangan
mengontrol secara berlebihan
4.
Kenalkan
anak dengan orang-orang kreatif
B.
Upaya
membantu mengembangkan kreativitas dan Implikasinya dalam pendidikan
Dedi supriadi (1994) mengemukakan sejumlah bantuan yang dapat
digunakan untuk membimbing perkembangan anak-anak kreatif, yaitu sebagai
berikut:
a.
Menciptakan
rasa aman kepada anak untuk mengekspresikan kreativitasnya
b.
Mengakui
dan menghargai gagasan-gagasan anak
c.
Menjadi
pendorong bagi anak untuk mengkombinasikan dan mewujudkan gagasan-gagasannya
d.
Membantu
anak memahami divergensinya dalam berfikir dan bersikap, bukan malah
menghukumnya
e.
Membeikan
peluang untuk mengkombinasikan gagasan-gagasannya
f.
Memberikan
informasi-informasi peluang-peluang yang tersedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar