Minggu, 14 Juni 2015

Psikologi Pendidikan "Kreativitas"



A.    Pengertian kreativitas
Secara umum kreaktivitas dapat diartikan sebagai kemampuan untuk berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak biasa (unusual) dan menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan. (Semiawaan, 1999: 89).
Kreativitas merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menemukan dan menciptakan suatu hal baru, cara-cara baru, model baru, yang berguna bagi dirinya dan masyarakat. 

 

A.    Perkembangan kreativitas
Ada empat tahap dalam perkembangan kreativitas, yaitu:
   
A.    Strategi terbaik agar anak lebih kreatif:
1.      Buatlah anak terlibat dalam brainstorming dan munculkan sebanyak mungkin ide
2.      Sediakan lingkungan yang menstimulasi kreativitas anak
3.      Jangan mengontrol secara berlebihan
4.      Kenalkan anak dengan orang-orang kreatif

B.     Upaya membantu mengembangkan kreativitas dan Implikasinya dalam pendidikan
Dedi supriadi (1994) mengemukakan sejumlah bantuan yang dapat digunakan untuk membimbing perkembangan anak-anak kreatif, yaitu sebagai berikut:
a.       Menciptakan rasa aman kepada anak untuk mengekspresikan kreativitasnya
b.      Mengakui dan menghargai gagasan-gagasan anak
c.       Menjadi pendorong bagi anak untuk mengkombinasikan dan mewujudkan gagasan-gagasannya
d.      Membantu anak memahami divergensinya dalam berfikir dan bersikap, bukan malah menghukumnya
e.       Membeikan peluang untuk mengkombinasikan gagasan-gagasannya
f.       Memberikan informasi-informasi peluang-peluang yang tersedia
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar